Isu Kampung Digital Sepi Perhatian Publik

Semangat inovasi di setiap daerah terus digenjot oleh masing-masing Kepala Daerah hingga ke tingkat desa, salah satunya Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi mengadakan Festival Kampung Digital bertujuan mendorong inovasi pada pelayanan publik dan UMKM kreatif  di tingkat desa.

Isu inovasi kampung digital ini, sempat terdeteksi bertengger di jajaran trending topik Twitter pada pagi 03 September 2019 dengan tagar #Kampungdigitalbanyuwangi, dan telah dibagikan sebanyak 1,308 kali. Namun sayang seribu sayang, berdasarkan pemantauan Big Data Evello didapat jumlah sebaran informasi terkait inovasi ini justru seperti hilang begitu saja alias seperti ditelan bumi.

Gambar.1 Sebaran Percakapan Kampung Digital tertelan isu Pemindahan Ibukota dan BPJS (Pemantauan Serba-serbi)

Gambar 1 mengungkap bagaimana situasi persebaran kabar mengenai kampung digital tertelan isu pemindahan ibukota dan rencana kenaikan iuran BPJS (Pemantauan Serba-serbi). Meski demikian, dapat terlihat bahwa promosi program tersebut selain terkesan ‘asal-asalan’, belum tepat sasaran, dan tentu saja konsekuensinya akan berakhir dengan kurangnya respon public terhadap informasi seputar pentingnya kampung digital.

Gambar.2 Sebaran Percakapan Kampung Digital tertelan isu Pemindahan Ibukota dan BPJS (Pemantauan Serba-serbi)

Mengapa Kampung Digital?

Perlu diketahui bahwa dunia digital kini bergerak kian dinamis, canggih dan inovatif, oleh karena itu pemerintah disetiap Kabupaten mulai berlomba untuk memajukan daerahnya masing-masing demi berlangsungnya kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera secara menyeluruh.

Selain itu program ini sebenarnya untuk menciptakan masyarakat khususnya pelaku UMKM memiliki daya saing global. Pemkab Banyuwangi misalnya, terdeteksi telah menggelar Festival Kampung Digital di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron, di Kecamatan Genteng beberapa hari lalu.

Kabar perhelatan tersebut juga terpantau Evello disebar melalui ragam media online seperti pada gambar 3, dibawah ini:

Gambar.3 Berita di media online mengenai Kampung Digital juga kurang mendapat respon oleh masyarakat

Detik.com mengulas tentang adanya 189 desa di Banyuwangi, di mana 90 persen di antaranya sudah berhasil dimasuki jaringan internet berbasis serat optik (fiber optic/FO).  Dengan jumlah desa yang telah memiliki akses internet, penduduknya semestinya bisa berperan serta dalam mensosialisasikan program Pemerintah Kabupaten.

Padahal program kampung digital ini nantinya diharapkan dapat dinikmati masyarakat Banyuwangi, dan hal itu juga sejalan dengan penuturan Bupati Banyuwangi seperti diulas Surya.co.id, menyebutkan adanya jaringan internet ke desa-desa, diharapkan bisa memaksimalkan program Smart Kampung di mana bukan hanya memberi pelayanan publik secara maksimal, namun juga mengintegrasikan dengan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan ekonomi kreatif.

‘Event is about buzz’

Gambar 4. Share Index menunjukkan kabar Kampung Digital tidak terlihat mendapat ruang perhatian publik

Dari gambar 4 terlihat bahwa respon masyarakat terhadap Kampung Digital kurang dari 1%. Evello juga mencatat hanya beberapa media online saja yang memberitakan tentang isu Kampung Digital ini, serapan publik terhadap seluk beluk informasi seputar kampung digital sangat kecil.

Pertanyaannya, apakah penetrasi internet 90% di 189 desa juga diikuti dengan meningkatnya pengguna internet di Banyuwangi? atau Humas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang kurang “woro-woro” nya? Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Banyuwangi sebaiknya melibatkan influencer lokal untuk membantu mempromosikan program Kampung Digital.

Event is about buzz, untuk meningkatkan keterlibatan, penduduk Banyuwangi dengan adanya infrastruktur internet dibanyak desa tersebut seharusnya bisa dilibatkan pada digital campaign untuk mempromosikan Kampung Digital.

Bintang Baru Bernama Rafdi Marajabessy

Namanya Muhammad Rafdi Marajabessy, putra ketiga Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Muhammad Sinen. Namanya tetiba menjadi trending news tertinggi melalui aplikasi Big Data Evello pada Rabu, 10 Juli 2019. Trending News adalah salah satu fitur pada Evello untuk melihat berita apakah yang menjadi trending di masyarakat dengan menilai sebaran berita tersebut di Media Sosial. Makin tinggi sebarannya di Media Sosial, Evello menyebutnya sebagai trending atau viral.

Berdasarkan catatan Evello melalui pencarian di menu Virality Effect, nama Rafdi mulai disebut-sebut dalam pemberitaan. Adalah media Tribunnews.com mengangkat kisah Rafdi melalui berita berjudul: Foto Anak Walikota Jadi Kuli Bangungan Viral, Sang Ayah Akui Itu Putranya : Hidup Harus Kerja Keras pada Minggu, 7 Juli 2019.

Berita Rafdi melalui Tribunnews Bogor tersebut tercatat telah disebar di jejaring Media Sosial sebanyak 1.980 kali sebaran. Dalam pengamatan Evello, tidak mudah untuk seseorang jika bukan tokoh publik dan berita penuh sensasi memiliki sebaran sebanyak itu.

Berita Rafdi mulai banyak tersebar di Media Sosial setelah dimuat oleh media daring kompas.com. Berita-berita Rafdi di kompas telah tersebar di Media Sosial lebih dari 5 ribu kali. Semua tahu, Kompas adalah raksasa media Indonesia.

Total sebaran berita Rafdi di Media Sosial mencapai jumlah Fantastis. Kurang dari sepekan, sebaran berita Rafdi mencapai jumlah 37.054 di Media Sosial.

Dalam catatan Evello, sebaran berita Rafdi lebih tinggi dibandingkan sebaran berita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa.

Bahkan dalam periode pantauan yang sama, sebaran berita Rafdi lebih tinggi dibandingkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Agaknya masyarakat yang diwakili oleh pengguna Media Sosial mulai bergeser dari berbagi berita politik dengan berita-berita yang menginspirasi seperti kisah Rafdi.

Kisah Rafdi Marajabessy, seorang anak pejabat yang bersahaja tentu menyeret nama orang tuanya. Menggunakan analisa Theme Clouds terhadap seluruh berita yang ada, nama sang ayah, Muhammad Sinen turut disebut-sebut. Dalam analisa yang lebih dalam, posisi sang Ayahlah sebagai Wakil Walikota Tidore yang membuat pembaca rela berbagi cerita di jejaring pertemanan Media Sosial miliknya.

*Dudy Rudianto, Peneliti Evello

Siapa Tuai Like Terbanyak di Facebook? FPI, NU atau Muhammadiyah

Percakapan warganet dengan tema agama masih mendominasi sebaran di linimasa media sosial terbesar di Indonesia, Facebook. Demikian hasil penelitian Evello pada periode 3-10 Juli 2019 melalui beragam reaksi publik di halaman dan grup Facebook. Tema agama masih mengundang tangan-tangan pengguna media sosial terbesar di Indonesia ini untuk saling berbagi cerita dibandingkan tema lainnya seperti politik, hukum dan juga sosial.

Salah satu isu paling mengemuka pada periode pantau 3-10 Juli adalah wacana penghapusan pendidikan agama di sekolah. Wacana ini menguat setelah media mengutip pernyataan Setyono Darmono, Chairman Jababeka Group, yang juga pendiri President University itu berpendapat, agama cukup diajarkan orangtua masing-masing atau lewat guru agama di luar sekolah.

Pendapat Darmono menuai beragam reaksi publik. Salah satunya berasal dari Komisioner Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti.

Retno Listyarti menentang keras usulan Darmono perihal wacana penghapusan materi pendidikan agama di sekolah. Retno berharap, pemerintah khususnya Menteri Pendidikan agar tidak perlu menanggapi wacana tersebut. 

KPAI: Jangan Sampai Pendidikan Agama Dihapuskan dari Sekolah, Republika.co.id

Pendapat Retno dimuat oleh media daring Republika menjadi salah satu berita dengan sebaran tertinggi pada Selasa, 9 Juli 2019 seperti terpantau oleh Evello. Berita Retno menjadi berita keenam terbanyak dibagikan pengguna Facebook seperti terlihat pada gambar berikut.

Selain wacana penghapusan pendidikan agama di sekolah, isu agama lainnya banyak bertebaran menjadi bagian dari percakapan warganet di media sosial. Diantaranya adalah polemik qanun poligami dan wacana pemulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Di kanal Facebook, baik halaman dan grup, isu agama mendominasi sebaran unggahan pengguna Facebook. Tema agama disebar atau tersebar 29% lebih banyak dibandingkan isu sosial, hukum, ekonomi dan politik.

Tingginya sebaran unggahan bertema agama menunjukkan bahwa isu agama masih sangat dominan menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Jumlah sebaran sebanyak 360.771 shared menunjukkan tingginya animo masyarakat mengingat bahwa Facebook adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Jika jumlah sebaran dijadikan acuan, maka pengguna facebook menganggap bahwa isu agama jauh lebih menarik dibandingkan isu politik, hukum dan juga ekonomi.

Percakapan bertema agama di media sosial, terutama agama Islam tak lepas dari organisasi massa (Ormas) Islam. Dalam pantauan Evello, terdapat empat (4) ormas Islam dengan pengaruh cukup besar, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) . Penilaian tersebut berdasarkan konsistensi keempat ormas tersebut menjadi bagian dari percakapan warganet melalui jejaring Facebook yang dipantau oleh Evello.

Berdasarkan pantauan Evello pada periode 3-10 Juli 2019, ormas NU dan FPI terlihat sangat menonjol dalam satuan metrik Facebook. Terutama dalam jumlah unggahan yang dibagikan dan tuaian jempol suka dari Facebooker.

Pada periode pantau tersebut, jumlah unggahan yang dibagi ke jejaring pertemanan Facebook mencapai jumlah 111,198. Jumlah ini setara dengan 60,92% shared dibandingkan ormas lainnya seperti NU, Muhammadiyah dan HTI.

Perbandingan persentase sebaran unggahan ke jejaring pertemanan Facebook untuk masing-masing ormas dapat terlihat pada gambar berikut.

Meskipun demikian, ternyata bukan FPI menjadi ormas dengan tuaian emoji suka terbanyak. Berdasarkan pantauan Evello pada periode yang sama, NU adalah ormas dengan capaian emoji suka terbanyak. Jumlah emoji suka untuk unggahan bertema NU mencapai 67,541 likes. Berada pada posisi kedua adalah FPI dengan jumlah emoji suka mencapai 27,991 likes.

 

Berita Politik Paling Ramai Beredar di Media Sosial

Evello merilis hasil penelitian dan survei terhadap persepsi publik di media berita dan media sosial. Seperti apa hasilnya?

Persepsi publik terhadap peredaran berita di media sosial.

Evello adalah perusahaan penyedia layanan media monitoring dan analisis yang memakai teknologi Intelligent Tagging System untuk risetnya. Dalam penelitiannya kali ini, mereka mengukur perilaku masyarakat pada periode 1 Juni sampai 17 Desember 2018.

Dalam penelitian tersebut, terbukti pengguna media sosial doyan membagikan berita-berita politik, disusul berita bertema sosial, agama dan ekonomi secara berkesinambungan dan ajeg.

Evello mencatat secara detail berita politik atau artikel dari berbagai media telah di sebarkan di platform facebook sebanyak 3.168.470 kali, kemudian berita seputar isu sosial di share sebanyak 2.761.474 kali. Sedangkan artikel bertema agama dibagikan 1.467.929 kali. 

Pada periode 1 Juni 2018 – 17 Desember 2018, terpantau video kategori politik telah disebar 79.149 kali di Facebook. Adapun video bertema sosial di share pemilik akun Facebook sebanyak 33.605 kali, menyusul video tentang agama 29.621 kali di sebar pengguna Facebook. Terakhir video tentang ekonomi di share di Facebook sebanyak 17.238 kali.

Ario Agung Sumantri, Researcher Evello, dalam keterangan resminya menjelaskan berita dan video bertema politik lebih banyak dibagikan, ini diyakini karena Indonesia telah memasuki tahun politik. Terbukti berita dan video dengan isu ekonomi, sosial dan budaya lebih sedikit di sebar di Facebook.

“Jadi dari riset yang kami lakukan pada kurun Juni hingga Desember tahun ini telah mencatat perkembangan yang signifikan, khususnya di dunia politik. Masyarakat dalam hal ini juga makin terlihat intens untuk mengikuti perkembangan politik dalam negeri,” ungkapnya. 

Pengguna internet terus naik, di dukung dengan pertumbuhan media berita. Digital campaign seharusnya dapat di adopsi dan menjadi opsi utama bagi pelaku politik jika ingin survive ke depannya. Dunia digital dan seluruh konsekuensinya telah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia.

“Sebaran berita politik sebanyak 3.168.470, ini angka yang besar, kita belum berbicara dari imbas yang tidak tercatat di sini, misalnya yang diceritakan secara langsung dengan dialog dari pembaca berita politik tersebut,” pungkas Ario (asj/asj)

Ресторан Pin Up На Улице Шмидта В Мурманске

Pin Up Платье Barbara Без Подъюбника

Подписываясь на информационный бюллетень, вы даете согласие на отправку маркетинговых сообщений и обработку персональных данных в маркетинговых целях. PIN-UP-TECH — международная компания, разработчик полного спектра игрового online программного обеспечения. Кроме игровой платформы, мы разработали инструменты для оптимизации маркетинг активностей, CRM, партнерскую программу, свой fintech продукт. Мы умеем работать с большими объемами данных, разрабатываем экосистемы, которые на основании аналитики и множества источников данных, существенно увеличивают конверсию. Одним из приоритетов нашей деятельности является разработка fraud protection платформы, которая позволит всем нашим потребителям на 99,9% избавиться от мошенников.

Найти и нажать вверху главной страницы кнопку «Вход». Нажать вверху главной страницы кнопку «Регистрация». Каждую неделю в Пин Ап казино проходят интересные тематические турниры или запускаются новые акции. В текущий момент все геймеры могут принять участие в турнире «Wild Chase», который Pin-up casino проводит совместно с iSoftBet. Кроме того, пинкоины автоматически начисляются всем геймерам за пополнение баланса.

  • Крем без масел – это крем для лица с мелкой текстурой.
  • Подтвердить факт регистрацию можно с помощью электронной почты или кода, который будет отправлен в виде SMS на мобильный телефон.
  • В Пин Ап регистрация учетки допускается и по номеру телефона.
  • В некоторых автоматах можно выбирать количество линий.
  • Такая низкая посадка используется в разных моделях – слипах, танга и стрингах.
  • Для получения кешбека необходимо проявлять активность в клубе на протяжении 5 из 6 дней.

Для использования в дополнение к Precious Teint Secret Soap. Крем без масел – это крем для лица с мелкой текстурой. Нежирный, богатый минералами и натуральными экстрактами растений, он идеально подходит для комбинированной и жирной кожи . Букмекерская компания PIN-UP.RU перестаёт оперировать на территории РФ и переходит в надёжные руки. Теперь компания будет работать под новым брендом – Ivanbet, что сразу же отличает БК от своих конкурентов.

Регистрация Через Мобильную Версию И Мобильное Приложение Pin Up

Для беттинга минимальный взнос составляет 500 рублей (эквивалент), в игровых автоматах ставки предусмотрены действующими правилами игры. Пополнить баланс можно несколькими вариантами в разделе «Касса». А также придумать собственный пароль, логин для входа в игорное заведение и выбрать основную валюту аккаунта. Обязательным пунктом при регистрации идет ознакомление с Правилами компании и их принятие. Согласие на рассылку по смс, почте – по желанию клиента. Создание счета и профиля происходит автоматически.

Вход В Аккаунт На Официальном Сайте

Каждый из наших пинаповцев – это часть большой команды, в которой каждый влияет на конечный результат. Поэтому мы искренне заинтересованы в обеспечении условий для их комфортной работы, творчества и развития. Информация должна быть точной и актуальной, так как для вывода средств пользователю нужно будет пройти процедуру верификации, чтобы делать онлайн ставки. Но на самом деле Pin-up это нечто большее, чем просто качественный сервис и широкий выбор развлечений. Отзывы о казино Пин Ап утверждают, что это целый мир, в котором каждый желающий может найти то, что ему нужно для полного удовлетворения своих страстей и амбиций.

Запускать автоматы владельцы мобильных устройств могут в любом удобном месте без привязки к стационарному ПК. Во время ставок игрокам гарантируется 100% безопасность личных данных и денежных транзакций. Браузерный вариант игрового портала позволяет гемблерам использовать на телефоне удобные платежные системы для пополнения счета и подачи заявки на вывод денег. Pin Up – онлайн казино, которое существует с 2016 года. Оператором игорного заведения выступает компания Carletta Ltd. с регистрацией на Кипре. Для ведения законной игорной деятельности в сети интернет владельцем Pinup была получена лицензия от сублицензиатов игорной комиссии Кюрасао – Antillephone N.V.

Мобильная Версия Pin Up Casino

Культовый американский стиль pin-up, появившийся в первой половине XX века, вдохновил многих художников и фотографов. Сексуальный и пикантный, родившийся из журнальных иллюстраций и рекламных имиджей, он был невероятно популярен во всем мире. Поставщик оставляет за собой право вносить незначительные изменения в комплектацию и конструкцию представленных на сайте моделей. С помощью нескольких щелчков мыши, вы можете легко заказать ваши любимые ссылки. [newline]Ежедневный уход за кожей помогает уменьшить и предотвратить появление прыщей, увлажнить и освежить цвет лица, но также отсрочит появление первых признаков старения. Прокомментируйте рекомендации по применению и дозировку крема Pin Up Secret без масла с отзывами наших партнеров, проверенными после вашей покупки. Наносите обезжиренный крем на лицо и шею утром и вечером, избегая области вокруг глаз, на чистую очищенную кожу до тех пор, пока продукт не впитается.

Каждый игрок в Pin Up имеет право на участие в бонусной программе. Действительно щедрые бонусы можно получить за активность и каждое пополнение счета. Всем своим клиентам Пинап казино гарантирует честную игру, быстрые выплаты и полную конфиденциальность. Посетителей Пин Ап привлекает адаптация пользовательского интерфейса для гостей из стран СНГ.

Несомненно каждый беттер останется довольным, посетив букмекерский сайт Пинап. Чтобы войти в аккаунт, необходимо pin-up-bet-casino.com/ru/pin-up-casino/ ввести адрес электронной почты и пароль. Можно также использовать профили в социальных сетях.