Siapa Tuai Like Terbanyak di Facebook? FPI, NU atau Muhammadiyah

Group-73.png

Percakapan warganet dengan tema agama masih mendominasi sebaran di linimasa media sosial terbesar di Indonesia, Facebook. Demikian hasil penelitian Evello pada periode 3-10 Juli 2019 melalui beragam reaksi publik di halaman dan grup Facebook. Tema agama masih mengundang tangan-tangan pengguna media sosial terbesar di Indonesia ini untuk saling berbagi cerita dibandingkan tema lainnya seperti politik, hukum dan juga sosial.

Salah satu isu paling mengemuka pada periode pantau 3-10 Juli adalah wacana penghapusan pendidikan agama di sekolah. Wacana ini menguat setelah media mengutip pernyataan Setyono Darmono, Chairman Jababeka Group, yang juga pendiri President University itu berpendapat, agama cukup diajarkan orangtua masing-masing atau lewat guru agama di luar sekolah.

Pendapat Darmono menuai beragam reaksi publik. Salah satunya berasal dari Komisioner Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti.

Retno Listyarti menentang keras usulan Darmono perihal wacana penghapusan materi pendidikan agama di sekolah. Retno berharap, pemerintah khususnya Menteri Pendidikan agar tidak perlu menanggapi wacana tersebut. 

KPAI: Jangan Sampai Pendidikan Agama Dihapuskan dari Sekolah, Republika.co.id

Pendapat Retno dimuat oleh media daring Republika menjadi salah satu berita dengan sebaran tertinggi pada Selasa, 9 Juli 2019 seperti terpantau oleh Evello. Berita Retno menjadi berita keenam terbanyak dibagikan pengguna Facebook seperti terlihat pada gambar berikut.

Selain wacana penghapusan pendidikan agama di sekolah, isu agama lainnya banyak bertebaran menjadi bagian dari percakapan warganet di media sosial. Diantaranya adalah polemik qanun poligami dan wacana pemulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Di kanal Facebook, baik halaman dan grup, isu agama mendominasi sebaran unggahan pengguna Facebook. Tema agama disebar atau tersebar 29% lebih banyak dibandingkan isu sosial, hukum, ekonomi dan politik.

Tingginya sebaran unggahan bertema agama menunjukkan bahwa isu agama masih sangat dominan menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Jumlah sebaran sebanyak 360.771 shared menunjukkan tingginya animo masyarakat mengingat bahwa Facebook adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Jika jumlah sebaran dijadikan acuan, maka pengguna facebook menganggap bahwa isu agama jauh lebih menarik dibandingkan isu politik, hukum dan juga ekonomi.

Percakapan bertema agama di media sosial, terutama agama Islam tak lepas dari organisasi massa (Ormas) Islam. Dalam pantauan Evello, terdapat empat (4) ormas Islam dengan pengaruh cukup besar, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) . Penilaian tersebut berdasarkan konsistensi keempat ormas tersebut menjadi bagian dari percakapan warganet melalui jejaring Facebook yang dipantau oleh Evello.

Berdasarkan pantauan Evello pada periode 3-10 Juli 2019, ormas NU dan FPI terlihat sangat menonjol dalam satuan metrik Facebook. Terutama dalam jumlah unggahan yang dibagikan dan tuaian jempol suka dari Facebooker.

Pada periode pantau tersebut, jumlah unggahan yang dibagi ke jejaring pertemanan Facebook mencapai jumlah 111,198. Jumlah ini setara dengan 60,92% shared dibandingkan ormas lainnya seperti NU, Muhammadiyah dan HTI.

Perbandingan persentase sebaran unggahan ke jejaring pertemanan Facebook untuk masing-masing ormas dapat terlihat pada gambar berikut.

Meskipun demikian, ternyata bukan FPI menjadi ormas dengan tuaian emoji suka terbanyak. Berdasarkan pantauan Evello pada periode yang sama, NU adalah ormas dengan capaian emoji suka terbanyak. Jumlah emoji suka untuk unggahan bertema NU mencapai 67,541 likes. Berada pada posisi kedua adalah FPI dengan jumlah emoji suka mencapai 27,991 likes.

 

Tranding Now

SOSIAL MEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *