Mengapa Getah Getih Anies Baswedan Viral?

Group-73.png

Barangkali nama Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta adalah salah satu tokoh paling banyak diperbincangkan netizen. Melalui fasilitas yang dimilikinya, Evello sebagai aplikasi Big Data menjawab ya. Anies memang sedang ramai diperbincangkan netizen. Kapan ramainya?

Pada periode pantauan 14-21 Juli 2019 jumlah cuitan tentang Anies Baswedan mencapai jumlah 96.321 cuitan. Lalu berapa jumlah akun yang terlibat? cukup besar. Jumlahnya mencapai 38.278 akun twitter. Artinya, 96.321 cuitan Anies Baswedan berasal dari 38.278 akun twitter. Dengan rasio satu akun tiga cuitan (1:3), bisa dinilai bahwa bukan robot yang bekerja.

Gambar 1. Posisi Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI berbanding Gubernur Jabar, Jateng dan Jatim berdasarkan kuadran kicauan di twitter periode 14-21 Juli 2019.

Pada periode pantau yang sama, Anies diperbincangkan terpaut sedikit dengan Prabowo Subianto yang menjadi salah satu episentrum perbincangan politik di Indonesia. Prabowo dikicaukan oleh 43.279 akun twitter pada periode pantau yang sama. Berdasarkan pantauan Evello, perbincangan tentang Ketua Umum Partai Gerindra ini memiliki kecenderungan menurun.

Lalu apakah yang membuat Anies Baswedan ramai diperbincangkan netizen? Pertama adalah isu pembongkaran Instalasi seni bambu ‘Getah Getih’ di Bundaran HI. Kedua adalah isu politik yang berkaitan dengan jawaban Anies Baswedan soal impor besi dari Tiongkok.

Pembongkaran karya seni getah getih di bundaran HI meramaikan berita tentang Anies Baswedan berdasarkan pemantauan pada periode 14-21 Juli 2019. Bahkan berita pembongkaran getah getih adalah berita yang dominan disebar oleh netizen di media sosial berkaitan dengan Anies Baswedan.

Ramainya percakapan pembongkaran getah getih membuat Anies lebih ramai menarik perhatian publik dibandingkan isu lainnya berkaitan dengan Gubernur Jabar, Jateng dan Jatim seperti terlihat pada kuadran percakapan di twitter sesuai dengan Gambar 1.

Seberapa Viral Getah Getih di Media Sosial?

Pada periode 14-21 Juli 2019 jumlah berita tentang Anies tercatat mencapai 676 berita. Sebaran berita-berita tentang Anies di media sosial mencapai jumlah 16.709 kali. Dengan sebaran sebanyak itu, Anies Baswedan adalah Gubernur dengan link berita disebar terbanyak di media sosial.

Berikut adalah gambaran bagaimana sebaran berita Anies Baswedan di media sosial jika dibandingkan dengan Gubernur lainnya di pulau Jawa seperti Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawangsa.

Gambar 2. Sebaran berita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di media sosial jika dibandingkan dengan Gubernur Jabar, Jateng dan Jatim periode 14-21 Juli 2019.

Pertanyaannya, isu apakah yang membuat sebaran berita Anies di media sosial lebih tinggi. Berdasarkan penelusuran Evello dari 100 berita dengan sebaran terbanyak, pembongkaran instalasi bambu getah getih adalah berita dengan sebaran tertinggi di media sosial.

Gambar 3. Tiga berita tentang getah-getih dengan sebaran terbanyak di media sosial periode 14-21 Juli 2019.

Mengapa Getah-Getih Ramai?

Berita dengan sebaran tertinggi menjawab mengapa pembongkaran getah getih makin ramai dibahas di media sosial. Berita dari media detik.com adalah berita terbanyak dibagikan di media sosial dengan judul “Bambu Getah Getih Dikritik, Anies: Kalau Pilih Besi Impor dari Tiongkok” menjawab pertanyaan tersebut. Anies dituding memberikan jawaban rasis atas pertanyaan besarnya biaya intalasi seni bambu getah getih.

Jika diperhatikan lebih jauh, berita ke-9 terbanyak disebar di media sosial mengangkat kritik kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany tentang sebutan dan impor besi dari Tiongkok oleh Anies Baswedan.

Gambar 4. Berita ke-9 terbanyak disebar di jejaring media sosial mengangkat kritik kader PSI tentang penggunaan nama Tiongkok. Dalam berita disebutkan pernyataan Anies mengangkat sentimen tertentu di mata publik.

Viralnya berita getah getih di media sosial sejalan dengan apa yang dikicaukan sebagian besar netizen. Menurut mereka Anies membangkitkan sentimen di publik dengan menyebutkan impor besi dari Tiongkok.

https://twitter.com/permadiaktivis/status/1152771599851909120

Pun demikian, kritik tersebut tidak diterima oleh sebagian netizen lainnya. Sebagian netizen menyebutkan tidak ada yang salah dengan ungkapan Anies Baswedan tersebut dan tidak berhubungan dengan sentimen tertentu.

Berdasarkan analisa di atas, maka pembongkaran instalasi getah getih berbiaya 550 juta bukan satu-satunya faktor penyebab ramainya percakapan publik. Jawaban Anies tentang impor besi dari Tiongkok menjadi isu lanjutan yang membuat “getah getih” ramai menjadi percakapan.

Lalu mengapa ungkapan impor besi dari Tiongkok ramai menjadi percakapan publik? Berdasarkan analisa keterlibatan netizen dalam theme clouds, hal ini tidak lepas dari politik Pilkada DKI 2017 lalu. Dalam analisa theme Clouds, muncul akun milik mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, @basuki_BTP. Munculnya akun twitter milik Basuki Tjahaja Purnama menunjukkan ada upaya untuk membandingkan era kepemimpinan saat Ahok menjabat sebagai Gubernur dan Anies saat ini.

Gambar berikut ini memperlihatkan siapa saja yang terlibat dalam percakapan pembongkaran getah getih dan impor besi dari Tiongkok dengan pengaruh terbesar.

Gambar 5. Keterlibatan akun-akun berpengaruh terhadap percakapan tentang Anies Baswedan.

Kesimpulan

Berdasarkan data-data yang muncul seputar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ramainya isu pembongkaran instalasi seni bambu getah getih tidak terlepas dari isu politik. Hal tersebut terlihat dari analisa sebaran berita di media media sosial dan keterlibatan akun-akun dengan pengaruh tinggi di seputar akun Anies Baswedan.

Tranding Now

SOSIAL MEDIA

One Reply to “Mengapa Getah Getih Anies Baswedan Viral?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *