Gibran vs Bobby di Youtube. Siapa Terpopuler?

Gibran vs Bobby di Youtube

Keduanya bisa terbilang baru dalam dunia politik. Meski baru, kiprah keduanya ramai berseliweran di jejaring media berbagi video Youtube. Keduanya punya hubungan dekat Presiden Jokowi. Salah seorang berstatus putra Presiden, sementara satunya lagi adalah mantu Presiden.

Publik tentu tak asing dengan putra tertua Jokowi, Gibran Rakabuming dan mantunya Bobby Nasution. Saat ini keduanya memiliki kesamaan situasi. Yaitu sama-sama menjabat sebagai Wali Kota. Gibran di Solo dan Bobby di Medan.

Di Youtube, kedua Wali Kota muda ini mengoleksi jumlah video yang cukup lumayan. Pada periode 1-21 Juli 2021, keduanya memiliki 248 video. Dibandingkan Gibran, koleksi video Bobby pada periode pantau kali ini unggul. 143 video untuk Bobby dan 105 video untuk Gibran.

Perbandingan Video Gibran vs Bobby
Perbandingan Video Gibran vs Bobby

Walau unggul dalam koleksi video, Bobby memiliki interaksi yang lebih rendah dibandingkan Gibran. Hal ini terlihat dari total Views, Comment, Likes dan Dislikes pada periode 1-21 Juli 2021.

Mengukur Interaksi

Dalam jumlah views, Gibran mengoleksi tayang video 63% lebih banyak jika dibandingkan dengan Bobby. Video-video Gibran telah ditonton sebanyak 502.495 views. Sementara 143 video-video Bobby telah ditonton sebanyak 287.297.

Gibran juga unggul dalam jumlah komentar dibandingkan video-video Bobby. Terdapat 4.429 komentar untuk video-video Gibran. Sementara video-video Bobby mengundang komentar sebanyak 1.303 percakapan.

Pada periode pantau kali ini, kedua Wali Kota memiliki perbedaan dalam jenis video terbanyak ditonton publik. Gibran lebih banyak ditonton publik karena positif terpapar Covid-19.

Video Gibran Terbanyak Ditonton
Video Gibran Terbanyak Ditonton

Sementara video-video Bobby lebih banyak ditonton karena aksinya sebagai Wali Kota Medan. Aksi Bobby yang dianggap tegas memicu ramainya jumlah tontonan terhadap vide-video yang ada seperti penutupan Mall dan pemecatan terhadap Camat Medan Maimun.

Video Bobby Terbanyak Ditonton
Video Bobby Terbanyak Ditonton

Tren Kanal Pendorong

Jika dilakukan analisa terhadap kanal-kanal pendorong Gibran dan Bobby di Youtube, terlihat konsistensi Bobby jauh lebih baik. Kanal pendorong Bobby lebih konsisten memberitakan dibandingkan Gibran. Kanal Tribun MedanTV dan DM Channel adalah kanal youtube paling konsisten mengangkat video Bobby pada periode pantau Juli 2021.

Kanal Influencer Bobby di Youtube
Kanal Influencer Bobby di Youtube

Sementara pada kanal pendorong Gibran tidak terlihat konsistensi akun-akun yang ada. Bahkan pada periode sebelum Gibran menyatakan diri terpapar Covid19 tidak terlihat konsistensi akun-akun yang ada dalam mengangkat kabar Gibran.

Kanal Influencer Gibran di Youtube
Kanal Influencer Gibran di Youtube

Walaupun terdapat perbedaan dalam konsistensi kanal pendorong, ditemukan kesamaan pada keduanya. Yaitu sama-sama menjadi Wali Kota dengan aksi lokal tetapi gaung nasional.

Berita Surakarta, Solo Times dan Tribun Solo Official menunjukkan bahwa akun-akun pendorong lokal bagi Gibran cukup ramai, tetapi disaat yang bersamaan menjadi konsumsi akun-akun media nasional seperti KompasTV, Tribunnews.Com dan MerdekaDotCom.

Hal yang sama terjadi pada Bobby. Akun-akun pendorong lokal terlihat mengangkat Bobby seperti Tribun Medan TV, Tribun Medan Official dan Kompas TV Medan. Disaat yang sama Bobby juga menjadi obyek berita media nasional seperti KompasTV.

SHARE

Trending Now