Coba Tebak! Berapa Jumlah Komentar Youtuber Untuk PPKM Juli 2021

Jumlah Posting Youtube PPKM Juli 2021

Sepanjang Juli 2021, barangkali tidak ada istilah yang setara ramai diperbincangkan publik selain PPKM. Istilah ini ramai diperbincangkan setelah pemerintah secara resmi menetapkan PPKM Darurat Jawa – Bali terhitung sejak 3 Juli 2021 dan terus berlangsung hingga tulisan ini dibuat.

Baca: PPKM vs PSBB di Tiktok. Mana Istilah Paling Populer?

Tema PPKM pada Juli 2021 juga diberitakan cukup besar. Evello mencatat terdapat 252.147 berita dari media daring bertemakan PPKM dan seluruh topik yang berkaitan dengan Covid19.

Sementara itu di jejaring tiktok konten bertema PPKM dan Covid19 di Indonesia telah ditonton sebanyak 317.735.398. Tema ini juga menuai komentar dari pengguna tiktok sebanyak 781.395 percakapan.

Sepanjang Juli 2021, tema PPKM menjadi salah satu materi dengan sebaran tinggi di tiktok. Evello mencatat sebaran tema PPKM mencapai 1.002.052.  PPKM juga menuai jumlah diggs sebanyak 19.242.550.

Lalu bagaimana dengan Youtube. Sebagai platform berbagi video paling populer di Indonesi, evello mencatat tema PPKM (dan tema berkaitan Covid19) pada Juli 2021 diunggah sebanyak 13.440 video.

Unggahan video pada minggu keempat Juli 2021 mencapai puncaknya dengan jumlah 4.687. Kecenderungan jumlah unggahan video pada Juli 2021 juga terlihat naik dari minggu pertama hingga minggu keempat.

Video-video tentang PPKM selama periode Juli 2021 telah ditonton oleh Youtubers  sebanyak 281.295.142 kali tayang.  Berdasarkan penelusuran Evello, terdapat dua youtube channel yang memiliki jumlah tayang video tertinggi. Channel pertama adalah milik Sekertariat Presiden dan artis Deddy Corbuzier.

3 Video Terbanyak Ditonton

3 Video Terbanyak Ditonton

Bagaimana dengan jumlah komentar? Penelusuran evello menemukan jumlah komentar di youtube untuk tema PPKM mencapai 2.098.445 percakapan.

Lalu apa yang membuat ramainya percakapan di jejaring youtube? Evello menemukan setidaknya tiga video berikut mewakili mengapa percakapan bertema PPKM ramai pada Juli 2021.

Video Terbanyak Dikomentari

3 Video Terbanyak Dikomentari

Video terbanyak dikomentari oleh youtuber berasal dari channel Tv One News tentang pemukulan oknum Satpol PP terhadap seorang perempuan saat melakukan razia di Gowa Sulawesi Selatan. Tak hanya channel TV One News, channel lainnya juga ikut ramai mengangkat tema ini seiring ramainya kasus ini di media sosial lainnya.

Video kedua terbanyak menuai komentar berasal dari channel podcast Deddy Corbuzier. Dalam video tersebut terlihat Deddy selaku pembawa acara  mewancarai Luhut Binsar Pandjaitan. Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai koordinator pelaksanaan PPKM Darurat Jawa – Bali.

Sementara video ketiga berasal dari CNN Indonesia dengan video bertema tolak bayar denda, pelanggar PPKM pilih dipenjara.

Dari ketiga video terbanyak menuai komentar diatas, terlihat jika penanganan pelaksanaan PPKM oleh aparat dan satgas Covid19 nampaknya menjadi pendorong utama ramainya percakapan warga youtube terhadap video-video bertema PPKM selama periode Juli 2021.

SHARE

HEADLINES

PAPUA BELUM SELESAI ?

Papua dalam tiga bulan terakhir ini seakan tidak bisa kering dari tumpahan darah dan air mata, Manokwari, Sorong, Jayapura, terakhir di Wamena tgl 23 September

Read More »