Melihat Pertarungan Toko Online di Facebook: Siapa Unggul?

Bantu Share ke Temen2 kamu ya Produk *Jamu Asli Rimpang* ~ Promo pelapak di Jejaring Facebook

0
505
Popularitas Toko Online di Facebook Indonesia
Popularitas Toko Online di Facebook Indonesia

Situs iprice.co.id menempatkan Shopee sebagai situs toko online dengan jumlah pengunjung website terbanyak. Jumlah kunjungan bulanan shopee tercatat mencapai angka 71.533.300. Dengan kunjungan sebanyak itu, tak pelak Alexa Rank menempatkan shopee.co.id berada pada urutan ke-26 website terpopuler di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan situs toko online lainnya? Iprice menyebutkan berturut-turut Tokopedia, Bukalapak dan Lazada adalah toko online dengan kunjungan ke situs terbesar berikutnya.

Tokopedia dikunjungi sebanyak 69.800.000 setiap bulan dengan peringkat Alexa Rank 10 di Indonesia. Bukalapak mendapatkan 37.633.300 setiap bulan dengan peringkat Alexa Rank mencapai 10 di Indonesia. Sementara Lazada dikunjungi 24.400.000 pengunjung setiap bulan dengan peringkat Alexa Rank di Indonesia berada pada urutan 89.

Sebaran Toko Online di Facebook

Sebagai media sosial terbesar di Indonesia, Facebook masih menjadi pilihan banyak pihak untuk promosi. Baik promosi bisnis, politik atau sekedar menyebarkan informasi. Survei We Are Social pada Januari 2020 menunjukkan jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai angka 130 juta pengguna.

Melalui fasilitas Virality Check Fact, tim Evello melakukan penelusuran seberapa banyak url alamat situs toko online tersebar di jejaring facebook. Penelusuran dilakukan dengan menautkan alamat url masing-masing toko online pada form pencarian Virality Check Fact milik Evello untuk mendapatkan nilai Shared, Comment dan Reaction. Sementara nilai engagement adalah nilai total seluruh nilai Shared, Comment dan Reaction. 

Popularitas Toko Online di Jejaring Facebook Berdasarkan Sebaran alamat URL
Gambar 1. Popularitas Toko Online di Jejaring Facebook Berdasarkan Sebaran alamat URL

Berdasarkan Gambar 1 di atas, Shopee memimpin dalam jumlah sebaran url shopee.co.id di jejaring Facebook dibandingkan seluruh toko online lainnya. Penelusuran yang berakhir pada 12 Mei 2020 menyebutkan url milik Shopee telah tersebar sebanyak 402.878 kali d Facebook. Jumlah komentar terkait persebaran url Shopee mencapai 55.809 komentar dan terdapat 2.8 juta reaksi.

Tokopedia berada pada posisi kedua dalam sebaran url di jejaring Facebook. Nilai sebarannya mencapai 252.939 kali. Meskipun demikian, Tokopedia unggul dalam jumlah reaksi dibandingkan toko online lainnya. Jumlah reaksi Tokopedia mencapai 3,5 juta.

Sementara itu, Bukalapak unggul dalam mengumpulkan jumlah komentar pengguna Facebook. Total komentar tercatat mencapai 63.814 percakapan.

Kesimpulan

Berdasarkan data pada Gambar 1, maka diperoleh sejumlah kesimpulan sebagai berikut:

  1. Shopee masih memimpin dengan jumlah total engagement paling besar dibandingkan seluruh toko online yang dibandingkan.
  2. Walau terpaut jauh dengan Shopee dalam jumlah sebaran, Tokopedia unggul dalam mengoleksi emoji dari pengguna Facebook.
  3. Berada pada peringkat ketiga dalam persebaran url di Facebook, Bukalapak adalah toko online dengan jumlah komentar terbanyak di jejaring Facebook.
  4. Lazada adalah toko online dengan persebaran url sangat agresif di Facebook, tetapi nilai komentar dan reaksi sangat kecil.
  5. Blibli adalah toko online yang sangat kreatif. Dengan nilai sebaran kecil, jumlah komentar dan reaksi lebih tinggi dibandingkan Lazada.
  6. Situs iprice.co.id menempatkan empat toko online berdasarkan jumlah kunjungan berturut-turut adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Sementara Evello juga menempatkan empat toko online berturut-turut adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada berdasarkan jumlah sebaran di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here