Dua Politikus Ini Tuai Ratusan Ribu Hingga Jutaan Komentar di Youtube. Siapa Mereka?

Kalo Indonesia mau jadi negara yang didengar & disegani, SDM kita harus maju.. daripada pemerintah terus yang didikte ini itu mari kita maju secara mandiri biar bangsa ini kuat ngga bergantung produk impor, ngga cuma jadi konsumen, bisa mengembangkan teknologi canggih.. itu bentuk bela negara (Komentar Youtuber Zulfiandi akbr *)

0
97
Evello 3D SNA
Evello 3D SNA

Platform berbagi video YouTube dinobatkan sebagai media sosial terpopuler untuk masyarakat Indonesia. YouTube memiliki 170 juta pengguna atau 93,8 persen dari total keseluruhan populasi 181,9 juta pengguna internet berusia 16-64 tahun.

Berdasarkan riset yang dilakukan Hootsuite dan We Are Social per Januari 2021, Senin (15/2/2021), pengguna internet berusia 16-24 tahun paling banyak menghabiskan waktunya menonton video online di perangkat mereka.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Selain itu, Evello juga menemukan jika kanal youtube juga menjadi wahana persebaran informasi politik yang tinggi. Salah satunya adalah saat Pilpres 2019 yang lalu. Pada periode 1-28 Juni 2019, video dengan tema sidang MK telah ditonton sebanyak 184.952.758 kali tayang melalui persebaran 4.928 video.

Tak hanya aktif menonton, pengguna youtube ramai melibatkan diri lebih jauh terhadap apa yang mereka tonton melalui kolom komentar. Budaya berkomentar menyebabkan platform berbagi video ini semakin kaya akan pendapat publik.

Sebagai contoh, dalam sepekan pemantauan (20-27 Mei 2021), video dengan tema kesehatan telah dikomentari sebanyak 28,654 komentar. Pada periode yang sama, video-video bertemakan hukum menuai 32,875 komentar. Agaknya tema kesehatan dan hukum paling banyak menarik pengguna youtube untuk berkomentar.

Komentar Pengguna Youtube Periode 20-27 Mei 2021
Komentar Pengguna Youtube Periode 20-27 Mei 2021

Video-video kiprah politisi pun tak luput dari perhatian youtuber melalui kolom komentar. Berdasarkan penelusuran Evello, terdapat dua tokoh dengan komentar terbanyak di jejaring youtube pada periode 1 April – 27 Mei 2021. Keduanya adalah Joko Widodo dan Anies Baswedan.

Pada periode tersebut, Joko Widodo mengoleksi jumlah video sebanyak 5.352 video. Tanggal 3 April, 9 April dan 29 April 2021 adalah hari-hari dimana sebaran video Joko Widodo mencapai puncaknya dengan lebih dari 150 video per hari.

Walhasil, dengan video sebanyak itu, Joko Widodo menjadi politikus dengan keramaian komentar terbanyak di youtube. Jumlah komentar dilesakkan oleh youtuber mencapai 1,052,645 percakapan.

Jumlah Komentar Joko Widodo di Youtube Periode 1 April - 27 Mei 2021
Jumlah Komentar Joko Widodo di Youtube Periode 1 April – 27 Mei 2021

Selain Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan adalah tokoh politik kedua terbanyak mengoleksi sebaran video di jejaring youtube. Anies pada periode 1 April – 27 Mei 2021 menuai koleksi sebaran sebanyak 2.271 video. Periode 3 Mei dan 7 Mei 2021 adalah periode tertinggi persebaran video Anies Baswedan di jejaring youtube.

Melalui video sebanyak lebih dari 2 ribu unggahan, Anies Baswedan dikomentari pengguna youtube sebanyak 302,607 atau setara dengan 1/3 jumlah komentar Joko Widodo.

Jumlah Komentar Anies Baswedan di Youtube Periode 1 April - 27 Mei 2021
Jumlah Komentar Anies Baswedan di Youtube Periode 1 April – 27 Mei 2021

Rasio Likes vs Dislikes antara kedua tokoh cukup besar. Joko Widodo memiliki rasio perbandingan 92% Likes dan 8% Dislikes. Sementara Anies Baswedan memiliki rasio 94% Likes dan 6% Dislikes.

Kesimpulan

  1. Di jejaring youtube, Joko Widodo dan Anies Baswedan adalah tokoh politik terbanyak menuai komentar pengguna youtube. Keduanya memiliki jumlah komentar jauh di atas politisi lainnya. Sebagai contoh, pada periode yang sama, Ganjar Pranowo dikomentari pengguna youtube sebanyak 82,448 percakapan. Sementara Ridwan Kamil menuai 16,071 komentar.
  2. Tingginya percakapan kedua tokoh sekaligus mencerminkan polarisasi yang tercipta akibat Pilpres 2014 dan 2019 lalu mengingat engagement terhadap video-video milik Prabowo Subianto cenderung turun.
  3. Tidak semua video yang beredar berasal dari sumber terpercaya, banyak video tersebar dengan skor engagement tinggi justru merupakan video hoaks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here