Menilik Popularitas Film Pendek Tilik di Facebook

Siapa tak tahu film pendek berjudul TILIK?. Film yang laris manis menuai jutaan penonton di jejaring youtube ini sangat fenomenal. Tilik adalah sebuah film pendek berbahasa Jawa yang diproduksi oleh Ravacana Films. Film pendek ini lolos kurasi dana istimewa Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2018.

Sementara, masyarakat umum bisa menyaksikan film berdurasi 30 menit ini setelah secara legal diunggah ke YouTube pada 17 Agustus 2020.

“Tilik” dalam bahasa Jawa memiliki makna “menjenguk”. Film ini memang menceritakan perjalanan sekelompok ibu-ibu yang tinggal dalam satu desa untuk menjenguk kepala desa yang tengah dirawat di rumah sakit.

Dalam perjalanan, salah satu tokoh yang paling banyak menarik perhatian masyarakat, Bu Tejo, asyik membicarakan mengenai Dian, seorang kembang desa di lingkungannya.

Gadis itu diperbincangkan karena kecantikannya yang membuat para suami di desa gemar memandanginya. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari “internet” dan sejumlah kabar burung, Bu Tejo juga menyebut Dian sebagai wanita tidak benar. Cara Bu Tejo memprovokasi ibu-ibu lainnya untuk mendukung ceritanya itu lah yang membuat film ini menuai banyak penonton.

Namun, tidak semua ibu-ibu dalam truk tersebut setuju dengan perkataan Bu Tejo. Ada Yu Ning, yang merasa kurang setuju dan tidak nyaman dengan perkataan Bu Tejo. Beberapa kali, Yu Ning mencoba mengingatkan Bu Tejo untuk menjaga ucapannya.

Selain gemar membicarakan aib tetangga, karakter Bu Tejo juga digambarkan sebagai orang yang suka pamer harta, sehingga cukup mengusik Yu Ning. Hal itu terlihat dari banyaknya perhiasan yang ia gunakan meski hanya pergi menjenguk orang yang sedang sakit.

Sesampainya di rumah sakit, rombongan ibu-ibu itu rupanya gagal menjenguk Bu Lurah karena ia masih terbaring di ICU. Mereka pun hanya bisa bertemu dengan anak Bu Lurah, Fikri, dan gadis bernama Dian yang sejak tadi diperbincangkan.

Nah, berdasarkan penelusuran evello melalui fasilitas Youtube Fact Check, film Tilik ini telah ditonton 26.336.497 kali tayang.  Tilik juga menuai komentar penonton sebesar 94.511 percakapan.

Adapun jumlah jempol suka yang diberikan oleh penonton terhadap film Tilik mencapai 872.720 likes. Menariknya terdapat 16.463 dislikes alias tidak suka dilayangkan terhadap film ini oleh pengguna youtube.

Jumlah tayang sangat besar menggelitik rasa ingin tahu penulis, seberapa besar sebaran film Tilik di jejaring facebook. Untuk itu, penulis menggunakan fasilitas yang disebut dengan Virality Fact Check. Fasilitas ini memungkinkan kita menenelusuri seberapa jauh film Tilik di seluruh jejaring facebook.

Virality Fact Check Film Tilik
Virality Fact Check Film Tilik

Melalui fasilitas ini, terlihat film Tilik telah disebar sebanyak lebih dari 32 ribu kali di jejaring facebook. Tak hanya itu, jumlah komentar terhadap film Tilik mencapai 97. 087 komentar. Jumlah komentar di facebook ternyata lebih besar dibandingkan jumlah komentar di youtube.

Jumlah reaksi yang ditimbulkan karena sebaran film Tilik mencapai lebih dari 122 ribu emoji.

Dari fasilitas ini terlihat bahwa sebaran di jejaring facebook memiliki kontribusi terhadap popularitas film Tilik di kanal youtube.

SHARE

HEADLINES